Tiens Pasang Iklan? Apakah Produknya Tidak Laku?

Kemarin sore kawan saya Kiki ngobrol dengan saya, katanya salah satu orang dalam jaringannya bertanya: “Loh kok Tiens sekarang pasang iklan di televisi? Produknya tidak laku ya..?” Saya tertawa cukup keras, dan kawan saya pun Kiki jadi turut tertawa.

Saya tertawa, karena saya beberapa kali tawarkan NM (Network Marketing) Tiens ini kepada orang-orang yang saya kenal, banyak di antara mereka yang berkomentar, NM itu adalah jalan yang ditempuh oleh perusahaan karena produknya tidak laku. Supaya laku maka mereka memasarkan produknya lewat NM dan biasanya tidak memasang iklan atau buka toko misalnya. Jadi kalau Tiens memasarkan produknya dengan cara NM, berarti produk Tiens itu tidak laku dipasaran biasa. Nah yang membuat saya tertawa lebih keras, sekarang ada pertanyaan yang terbalik, Tiens kok pasang iklan di televisi, produknya tidak laku ya..? Hahahahahaha…

Sejak awal berdiri sampai sekarang, Tiens adalah murni perusahaan yang dominan bergerak di farmasi. Di Amerika, Tiens/Tianshi dikenal dengan Tiens Biotech Company, (info lain klik sini). Sampai tahun 1995, Tiens memasarkan produknya dengan model distribusi pada umumnya, yaitu dari pabrik, wholesaler, dst sampai di tangan konsumen via apotik dan toko obat. Omset Tiens pada tahun 1995 tersebut mencapai Rp 640 milyar.

Pada tahun 1995, founder Tiens, Li Jinyuan bertemu dengan Michael Sheffield, konsultan yang bergerak dibidang Direct Selling, yang juga sempat menjabat sebagai ketua WFDSA (World Federation Direct Sales Association), lembaga yang menaungi NM dunia. Hasil pertemuan tersebut membuat Li Jinyuan tertarik untuk mencoba memasarkan produknya dengan cara NM. Uji coba selama dua tahun, menunjukkan omset Tiens naik menjadi Rp 2,12 triliun pada tahun 1997. Sejak saat itu, Tiens secara resmi menggunakan model NM sebagai bagian dari cara distribusinya.

Meskipun demikian, untuk beberapa produk dan jasa lainnya, Tiens juga masih tetap menggunakan cara pemasaran non NM. Tiens adalah perusahaan multinasional dengan bidang usaha meliputi bidang farmasi, memiliki beberapa rumah sakit, membuka universitas, bergerak juga di bidang jasa keuangan, properti, transportasi dan tourism, tetapi main business mereka adalah di bidang kesehatan.

Jadi bagi Tiens, NM adalah hanya bagian dari cara distrubusi mereka. Dan memasang iklan di televisi pun adalah sesuatu hal yang biasa Tiens lakukan. Tidak ada kaitannya dengan produknya laku atau tidak laku. Kalau anda lihat di Indonesia mungkin sangat jarang perusahaan NM yang pasang iklan di televisi, pasang billboard ukuran besar dimana-mana, atau terlibat terang-terangan mensponsori event-event. Ini tidak demikian dengan Tiens.

Tidak ada yang aneh dengan Tiens memasang iklan di televisi, pasang billboard, dan media advertising lainnya. Tiens sama seperti perusahaan-perusahaan besar dunia lainnya seperti Nike, IBM, Microsoft. Sama-sama suka pasang advertising dan sama-sama bukan perusahaan NM🙂 . NM bagi Tiens hanya salah satu cara distribusi saja. Tidak ada yang istimewa. Anda tidak suka NM Tiens pun, Tiens tetap berjalan dan bertumbuh😀 .

Saya ada klip tv commercial Tiens di China, tapi tidak tahu ada dimana disimpannya. Nanti kalau sudah ditemukan, saya akan podcast untuk anda semua. Kalau yang di Indonesia, anda lihat saja di televisi Indonesia. Hehehehe..

sumber: http://eepinside.com/?p=161

7 Responses to “Tiens Pasang Iklan? Apakah Produknya Tidak Laku?”

  1. nurhasmi Says:

    saya sangat mencintai produk2 dr tiens. walaupun saya baru mengenal bisnis ini.

  2. DriveMan Says:

    Goblok Bener sih
    Network marketing
    supaya Tiens Dapet untung nya langsung
    dan untung nya sangat Besar
    dimana kalian distributor cuma dapat sedikit
    Hidup mister Li tipulah distributor anda rauplah keuntungan darinya
    ha ha ha
    Mr li anda memang hebat
    Mr li says :”Distributor saya kaya tapi saya lebih kaya dari mereka”
    Mr li says :”Distributor saya miskin Emang gue pikirn yang penting produk Tiens kejual “

  3. Wesli Says:

    HAI…………. jAYUz.

    Nech prshaan emang bkin org bngung ya?. Antara bnar dan tdknya?.
    Yg bner mna sech………..?. Owe kan jd bngung. G jlas nech. BIKIN PUSING 7 BNTANG.
    Whos the true?.

    KSH SRANNYA DONK. KSH TAU YG JELAS YG MANA YG BNER.

    PEACE AND FREDOM AND SAY LOVE THE TRUE!!

    MET SUKSES SJA YG GBUNG MA TIANSHI. MGA2 DREAMNYA BSA KSMPAIN DAN SMUANYA TRCPAI DNG SLMT SMPAI TJUAN

    MET CRI PKRJAAN YG BRU BWT DSTRBTOR YG DAH VACUM 4EVER.
    CRI PKRJAAN YG LAYAK. YG BSA MNDPTKAN UANG DAN BISA MNGHDPI KLUARGA ANDA SMUANYA.

    SUKSES SLLU. GBU 4EVER.

  4. andre febrima Says:

    maju terus TiENS. perbaiki generasi bangsa, kuRANGI PENGANGGURAN !!!

  5. Rani Says:

    Sukses Buat Smua Distributor Tiens, bagi yg iri n sakit hati melihat Tiens sukses..kehutan aja kalee…

  6. peaceandjusticeeducation Says:

    http://www.tianshi-watch.com/…/apakah-tiens-mampu-masuk-fortune-500.html ——–> Buka aja biar anda-anda Mlmer Tianshi semua sadar ” Mari Kembali ke Jalan Yang Benar “.. Ktanya alami… tp Aspartame masih di pake… Jangan lah membohoni Masyarakat…

  7. TIENS DISTRIBUTOR Says:

    dasar bodoh.. perusahaan apapun ya pemiliknya pasti jauh lebih kaya dari pada karyawan atau distributornya…
    mana ada karyawan atau distributornya jauh lebih kaya daripada pemiliknya…
    pemikiran BODOH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: